slide

Rabu, 08 Juni 2016

KEUTAMAAN DAN KEISTIMEWAAN BULAN RAMADHAN



Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti-nati oleh seluruh Umat Islam di dunia ini. Bulan yang memiliki banyak keistemewaan dan keutamaan yang dimana diwajibkan kepada seluruh Umat Islam untuk berpuasa selama satu bulan penuh dalam bulan Ramadhan. Bulan yang terdiri dari seribu bulan dan bulan Ramadhan memberikan banyak pahala dan amal shaleh bagi yang memiliki keseriusan dan kesungguhan mengejar segala nikmat dalam bulan Ramadhan ini. 
Rasulullah Saw. bersabda: "Sesungguhnya di dalam surga terdapat satu pintu yang dinamakan pintu 'al-Rayan' yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Ditanyakan (oleh pintu tersebut): 'Di manakah orang-orang yang berpuasa?' Maka mereka pun masuk dari pintu tersebut. Setelah semua orang yang berpuasa memasukinya, pintu itu pun ditutup dan tak akan ada lagi yang masuk melaluinya." (HR. Muslim, dari Sahl Ibn Sa'd).
Berikut ini Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan adalah:

1. Bulan Di Turunkannya Al-Qur'an 
Bulan Ramadhan merupakan bulan di turunkannya Al-Qur'an, kita suci umat Islam. Seperti dalam firman Allah SWT bersabda : 
Artinya : "Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturukan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan bathil" (QS. Al-Baqarah 185). 

2. Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup 
Dalam bulan Ramadhan, pintu surga dibuka dan pintu neraka di tutup. Seperti Sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam : 
Artinya : "apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu-pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu" (diriwayatkan bukhari dan muslim).  
3. Bulan Pengampun Dosa
Bulan Ramadhan adalah bulan pengampun dosa. Nabi Muhammad SAW bersabda : 
Artinya: "Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (diriwayatkan bukhari dan muslim). 
4. Amal Sholeh Dilipat Gandakan
Menjalankan amalan sholeh merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat muslim di dunia ini, apalagi di bulan Ramadhan, setiap amalan sholeh yang kita perbuat maka akan dilipat gandakan dibulan Ramadhan, sampai dengan 70 kali lipat sebagai yang terdapat dalam hadist : 
Khutbah Rasulullah SAW pada akhir bulan Sa'ban : "Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah bernaung. Bulan yang didalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa pada bulan itu mendekatkan diri pada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori dan Muslim).

5. Terdapat Malam Lailatul Qadar
Lailatul Qadar adalah malam yang memiliki banyak barakah dan kemuliaan yang berada pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan yang satu malam tersebut lebih dari seribu bulan. Seperti dalam firman Allah SWT : 
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seri bulan. Pada malam itu turun malikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar (Al Qadr : 1-5).
 
6. Bulan Ramadhan Adalah Salah Satu sebab Masuk Surga
Terdapat dua orang pada masa Rasulullah saw yang keduanya terdiri dari bai Qudha'ah yang masuk islam, dari kedua orang tersebut, salah satu dari keduanya mati syahid, sementara yang satunya wafad setahun kemudian, salah seorang sahabat bernama Thalhah bin Ubaidillah radhiallahu anhu berkata : aku bermimpi surga, lalu aku melihat orang wafat setahun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yang mati syahid, akupun heran-heran, maka tatkala pagi hari lalu aku memberitahu Rasulullah shallahu alaihi wa sallam, beliaupun bersabda :
Artinya : "bukankah setelah itu (dalam waktu setahun) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat?" (diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani).
7. Bulan Ramadhan Adalah Bulan Penuh Berkah, Rahmat, dan Mustajadnya Doa
Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, rahmat dan mustajadnya, dimana Rasulullah SAW bersabda : 
Artinya : "telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah.. "(diriwayatkan oleh An Nasai dan dan dishahihkan oleh Albani).
 
8. Bulan Ramadhan Adalah Bulan Ibadah Amal Kebaikan
Bulan Ramadhan adalah bulan ibadah amal kebaikan. Seperti dalam sabda Rasullullah shallahu alaihi wa sallam bersabda : 
Artinya : "barang siapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).
 
Demikianlah mengenai Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan. Semoga bisa  memotivasi dan membuat teman-teman untuk bersungguh-sungguh berpuasa, beribadah, dan selalu berbuat kebaikan di bulan Ramadhan. Karena seperti penjelasan diatas, dibulan Ramadhan segala perbuatan kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya, sehingga diwajibkan untuk setiap umat Islam di dunia ini untuk mendapatkan pahala tersebut, agar di hari kemenangan, atau hari idult fitri kita terlahir kembali sebagai manusia yang bersih dari dosa. Amin ya Rabbal Alamin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar